Kamis, 14 Juli 2011

Pressure Control Valve ( pada unit alat berat) part 1

Presure Control Valve ( Katup pengontrol tekanan )

Presure control Valve adalah katup yang mengatur tekanan dalam sirkuit dengan mengembalikan semua atau sebagian oli ke tangki apabila tekanan pada sirkuit mencapai setting pressure.
Kontruksi dari pressure control ada 3 jenis yaitu :
ü  Tipe popet
ü  Tipe piston
ü  Tipe pilot
Penjelasannya adalah sebagai berikut :
A. Tipe popet
Kontruksinya terdiri dari valve, spring dan andjusting screw beserta shim/nut
Prinsip kerja :

ü  Pada gambar 4.107 (a), katup posisi tertutup pada saat tekanan rendah, karena tekanan tersebut tidak cukup untuk melawan gaya dari spring.
ü  Pada gambar 4.107 (b), saat tekanan naik,akan mampu melawan gaya spring dan katup terbuka, sehingga oli didalam sirkuit dapat keluar.
ü  Pada ganbar 4.107 (c), naiknya tekananakan membuka katup

Gambar. 4.107 Prinsip kerja tipe poppet
sedemikian rupa sehingga oli dapat keluar lebih banyak sampai kenaikan tekanan berhenti.Tipe popet ini biasanya digunakan untuk safety valve.





B. Tipe piston
Kontruksinya dapat dilihat pada gambar 4.108 di bawah ini

 
Gambar. 4.108 Prinsip kerja tipe piston
Cara kerjanya :
Pada gambar 4.108 (a) tekanan dalam sirkuit bekerja pada ujung piston dan mendorong katup piston. Apabila tekanan rendah, katup tidak terbuka karena tekanan tidak cukup melawan gaya spring. Pada gambar 4.108 (b), bila tekanan naik sehingga mampu melawan gaya spring piston akan mendorong katup piston yang selanjutnya akan membuka lubang dan membuang oli ke tangki sampai kenaikan tekanan berhenti.


C. Tipe pilot

Kontruksi dan prinsip kerja dari tipe pilot ini dapat dilihat gambar 4.109


 
Gambar. 4.109 Simbul dan prinsip kerja tipe pilot
            Tipe katup ini sama dengan tipe poppet dalam membebaskan tekanan oli tetapi berbeda saat akhir pembebasan olinya dan mudah dalam mengatur tekanan seperti mudahnya dalam mengatur tekanan seperti mudahnya saat pembebasan oli . Naiknya tekanan akan menyebabkan pilot valve terbuka sehingga tekanan pada balance chamber turun dan main valve bergerak ke kanan yang selanjutnya membuka saluran buang yang lebih besar. Ketiga tipe katup pengontrol tekanan diatas ( presure control valve ) umumnya dipakai untuk relief dan safety valve.




1 komentar:

  1. Penyebab pressure tekanan naik sendiri.kinerja tekanan tidak bisa di sesuaikan apa penyebabya ..😆

    BalasHapus